Selamat datang di Museum Radya Pustaka

Jalan Slamet Riyadi No.275, Sriwedari, ,
Laweyan, Kota Surakarta
N/A

Museum Radyapustaka pada awalnya bernama Paheman Radyapustaka adalah suatu lembaga ilmu pengetahuan yang didirikan oleh K.R.A. Sosrodiningrat IV pepatih dalem Sinuhun P.B IX di Dalem Kepatihan pada hari Selasa Kliwon tanggal 15 Maulud Ehe 1820 atau pada 28 Oktober 1890. Di kota Sala beliau terkenal dengan sebutan Kangjeng Ngendraprasta, seorang prajawan yang besar minatnya terhadap ilmu kebudayaan, Pada Tanggal 1 Januari 1913 Paheman Radyapustaka pindah tempat ke Lodji Kadipala yang sebelumnya milik Orang Belanda bernama Johannes Busselaar yang dibeli oleh P.B.X,  dan berganti nama menjadi Museum Radyapustaka sampai sekarang.

Museum Radyapustaka adalah Museum Tertua di Indonesia yang didirikan oleh Pribumi, Nama Radyapustaka diambil dari kata Radya yang berarti Negara atau Kerajaan dan Pustaka berarti Buku. Museum Radyapustaka termasuk Museum Umum yang menyimpan berbagai macam jenis koleksi diantaranya: Naskah Kuna, Tosan Aji, Arca Batu dan Perunggu, Keramik, Kristal, Gerabah, Berbagai Jenis Wayang dan artefak peninggalan sejarah yang bernilai tinggi lainnya.

Museum Radyapustaka yang beralamat di Jalan Slamet Riyadi No. 275 Kota Surakarta, 57141, Telp. (0271) 712306, dikelola oleh UPT Museum Dinas Kebudayaan Kota Surakarta dengan jam buka normal:

Selasa, Rabu dan Kamis : Pukul 09.00 s/d 15.00 WIB

Jumat : Pukul 09.00 s/d 11.00 WIB.

Sabtu dan Minggu : Pukul 09.00 s/d 15.00 WIB

Senin: Tutup

VIDEO MUSEUM RADYA PUSTAKA

VIDEO LAINNYA

Jumlah Pengujung Website

N/A

© 2021 RadyaPustaka.id Copyright All Right Reserved

id_IDID