Hari Aksara Internasional 8 September

Sahabat Museum, sudah tahu belum? kalau setiap tanggal 8 September diperingati sebagai Hari aksara Internasional atau disebut juga dengan Hari Literasi Internasional.

Penetapan hari Aksara Internasional diumumkan oleh UNESCO pada tanggal 17 Nopember 1965 sebagai peringatan untuk menjaga pentingnya melek huruf bagi setiap manusia, komunitas dan masyarakat (wikipedia).

Di Indonesia yang terdiri dari banyak suku bangsa membuat aksara yang ada bervariasi atau beraneka ragam, salah satunya aksara Jawa. Di Museum Radyapustaka ada salah satu koleksi yang menarik loh sahabat,,,, koleksi tersebut berupa mesin ketik dengan aksara jawa dinamakan dengan Mesin ketik Adji Saka. Mesin ketik ini peninggalan dari G.P.H. Hadiwijaya (1926 – 1969). Beliau adalah salah satu tokoh Kurator Permuseuman pada masa Paheman Radyapustaka. Hingga sekarang, mesin ketik aksara jawa Adji Saka masih tersimpan sebagai salah satu Koleksi Museum Radyapustaka.

Sahabat museum yang penasaran mau melihat bentuk asli mesin ketik aksara jawa ini, ayo kemuseum ! Ditunggu kedatanganya yaaa ….. 🤗

Salam Museum di ❤ ku

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *